Senin, 10 Desember 2018

Tips Merawat Rak Sepatu Kayu agar Awet dan Optimal Fungsinya


Rak penyimpanan sepatu adalah produk furnitur yang sering dibutuhkan. Salah satu bahannya adalah kayu. Pada umumnya, desain rak sepatu kayu sangat elegan dan membuatnya lebih diminati. Ketika Anda memutuskan untuk membelinya, ketahuilah cara merawatnya agar tetap tahan lama dan optimal fungsinya. Ikuti tips perawatannya berikut ini.

1. Menempatkan di Tempat Teduh dan Kering

Penempatan sangat mempengaruhi ketahanan rak sepatu. Hal ini termasuk dalam aspek penting perawatan rak. Bahan rak sepatu yang berasal dari kayu tentu lebih rentan terhadap faktor lingkungan, seperti sinar matahari, kelembaban, tetesan air, dan debu atau kotoran. Berbagai faktor tersebut bisa mempengaruhi kondisi rak kayu.

Berkaitan dengan hal itu, Anda harus menempatkan rak kayu tersebut di tempat yang aman. Usahakan memilih tempat paling teduh dan kering, sehingga bisa memperkecil kemungkinan rak rapuh akibat terkena sinar matahari secara langsung ataupun percikan serta tetesan air. Tempatkan pula rak sepatu di area yang bersih.

2. Membersihkan Secara Berkala

Selain menempatkan rak kayu di area yang bersih untuk meminimalisir debu dan kotoran, tetapi jangan lupa untuk membersihkan rak itu sendiri. Bersihkan rak kayu secara berkala demi menjaga kebersihan di seluruh bagiannya. Jika seluruh bagian rak senantiasa terjaga kebersihannya, kualitas rak akan tetap terjamin dan tidak mudah rusak.

Untuk membersihkan rak, gunakan lap basah dengan permukaan halus agar tidak menimbulkan gesekan keras. Dengan lap basah tersebut, debu dan kotoran yang membandel sekalipun bisa dibersihkan dengan cepat. Selain membersihkan rak, Anda harus membiasakan diri membersihkan alas sepatu sebelum diletakkan di rak agar rak tidak cepat kotor.

3. Jangan Menarik Rak Terlalu Keras

Cara merawat rak selanjutnya adalah jangan menarik rak terlampau keras demi menghindari gesekan yang besar. Apabila Anda memindahkan rak sepatu kayu dengan keras, maka tentu saja akan timbul gesekan lebih besar yang bisa menyebabkan rak tergores. Jangan sampai hal itu terjadi. Kondisi rak harus dijaga agar tetap tahan lama.

4. Menghindari Gesekan Keras

Kemungkinan terjadinya gesekan yang keras atau besar tidak hanya timbul ketika memindahkan rak saja, namun juga ketika meletakkan sepatu, membersihkan, atau sebagainya. Untuk itu, berhati-hatilah ketika meletakkan sepatu, menutup pintu rak dengan pelan jika ada, dan mengelap bagian dengan baik ketika membersihkannya.

5. Mengecat Ulang Rak Sepatu

Tindakan selanjutnya yang harus dilakukan dalam merawat rak kayu adalah dengan mengecat ulang. Tindakan ini dilakukan ketika warna permukaan rak bagian luar sudah memudar. Keindahannya akan kembali seperti semula ketika dicat ulang. Lebih dari itu, pengecatan ulang mampu melindungi kayu di lapisan luar rak agar tetap tahan lama.

Dengan mengikuti serangkaian tips ini, rak sepatu kayu bisa tahan lama dan tetap berfungsi baik dalam jangka waktu lama. Agar lebih terjamin kualitasnya, Anda harus memilih rak kayu berkualitas sejak awal. Hal ini akan meminimalisir biaya perawatan karena lebih awet. Fabelio punya beragam desain rak sepatu dari kayu berkualitas dengan warna menarik.

0 komentar:

Posting Komentar