Senin, 28 Januari 2019

Pertolongan Pertama Saat Luka Bakar


Luka bakar yang dialami seseorang pasti merasakan tidak nyaman, apalagi jika luka bakar tersebut cukup serius karena biasanya akan meninggalkan bekas. Untuk luka bakar yang serius sebaiknya Anda segera lakukan tindakan medis agar ditangani dengan tepat. Tapi, jika hanya luka bakar ringan bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan peralatan pertolongan pertama yang tersedia. Maka dari itu, Anda harus selalu menyediakan berbagai peralatan P3K, mulai dari alkohol, obat cair luka, perban, kasa, gunting, plester hingga obat-obatan yang umum digunakan. Jika Anda mengalami luka bakar ringan Cara Membalut Luka Bakar tersebut harus tepat, luka yang lembab akan mudah cepat sembuh dibandingkan luka kering sendiri. Karena kondisi lembab pada luka dapat membantu sel fibroblas akan membentuk jaringan baru untuk menutup luka, caranya yaitu dengan memberikan perban atau plester saat luka tersebut terkena kulit Anda.
Pertolongan Pertama Pada Luka yang harus Anda lakukan adalah dengan menghentikan pendarahan yang keluar dari luka tersebut, bisa Anda menahannya dengan menggunakan kapas atau kasa supaya tidak terjadi pendarahan yang berlebih, selanjutnya gunakan plester yang tersedia di pasaran seperti Hansaplast. Jika pendarahan tetap saja keluar, segera mengunjungi dokter untuk ditangani lebih lanjut. Kemudian, setelah darah berhenti bersihkan area yang terdampak luka dengan air hangat atau air bersih, hal ini bertujuan untuk mengurangi bakteri masuk pada luka atau infeksi. Bersihkan luka secara optimal dari kotoran atau darah yang tersisa kurang lebih 5 menit. Plester luka tersebut jika tidak terlalu besar atau tidak parah, namun jika luka Anda serius sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan instruksi lebih lanjut.
Pertolongan pertama pada luka memang harus dilakukan secara serius, baik dan benar, agar luka yang terjadi pada kulit Anda cepat sembuh dan terbebas dari infeksi. Selalu sediakan alat-alat P3K di rumah Anda atau di kotak obat, sehingga ketika terjadi kecelakaan ringan atau luka kecil bisa ditangani dengan cepat sendiri dengan peralatan yang ada tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar