Kamis, 07 Maret 2019

Tips Membeli Mobil Murah dengan Pembayaran Kredit


Mobil murah bukan berarti mobil yang tidak memiliki kualitas. Saat ini mobil bisa Anda dapatkan dengan banyaknya jenis pilihan kredit yang bisa diambil. Sebelum membeli mobil dengan pembayaran kredit Anda harus melakukan perhitungan yang cermat. Berikut tips membeli mobil dengan pembayaran kredit untuk Anda.

Mobil Murah Bekas atau Baru
Walaupun dikatakan mobil murah, harganya bukan berarti bisa Anda bayarkan dalam sekali gaji bulanan Anda. Apalagi jika Anda berstatus karyawan menengah. Kategori mobil murah tentu saja harganya masih berkisar pada puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. 

Sebelum Anda membeli mobil, Anda harus telah memikirkan jenis mobil apa yang akan Anda beli. Apakah Anda akan membeli mobil bekas atau mobil baru dengan harga terjangkau dan tentunya tidak termasuk ke dalam kategori mobil mewah.

Jika Anda memilih untuk membeli bekas, pastikan nilai atau harga pasaran dari mobil tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda tidak membeli mobil dengan harga yang terlalu tinggi. Anda juga harus mengecek kondisi terakhir mobil tersebut.

Namun jika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru, maka Anda perlu mengetahui kebutuhan dan jenis mobil yang sesuai dengan keuangan Anda. Saat ini banyak mobil baru yang ada di pasaran dengan harga terjangkau dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Uang Muka
Selanjutanya adalah uang muka. Hal tersebut berlaku jika Anda membeli mobil baik mobil baru maupun bekas secara kredit melalui leasing. Anda perlu memastikan bahwa dana yang Anda miliki cukup untuk membayar uang muka. 

Jumlah uang muka yang Anda bayarkan nantinya akan berpengaruh kepada cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Ketentuan pembayaran uang muka adalah sebesar 25 persen. Namun, alangkah lebih baik jika Anda membayarkan uang muka lebih besar dari ketentuan tersebut. Tujuannya agar nilai hutang kredit yang Anda miliki semakin kecil.

Utang kredit nantinya akan berbanding lurus dengan jumlah cicilan yang Anda bayarkan. Jika utang kredit Anda kecil, maka jumlah cicilan bulanan yang Anda bayarkan juga kecil sehingga bunga cicilan yang harus Anda bayarkan juga kecil.

Nego Diskon
Ada banyak dealer yang menawarkan potongan harga pembelian dan Anda bisa memilih salah satu yang terbaik. Tidak perlu terburu-buru untuk menentukan pilihan. Anda bisa melakukan perbandingan beberapa dealer sebelum memutuskan memilih penawaran terbaik dan menguntungkan untuk mendapatkan mobil murah.

Lakukan Survei
Lakukan survei ke sejumlah dealer yang terpercaya dan memiliki kredibilitas baik. Jika Anda tidak terlalu mengetahui masalah mobil, Anda bisa mengaja teman atau saudara Anda yang memiliki pemahaman mengenai mobil. 

Pihak dealer biasanya akan memberikan referensi mengenaii leasing yang bisa Anda gunakan sebagai lembaga pembiayaan kredit. Anda juga bisa melakukan survei ke sejumlah leasing agar dapat menemukan layanan dan penawaran terbaik.

Lakukan Simulasi 
Ketika Anda sudah mendapatkan informasi dari dealer dan leasing, sebelum Anda mengambil keputusan Anda bisa melakukan simulasi kredit. Simulasi tersebut akan membantu Anda dalam menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan membayar Anda terhadap pembelian mobil yang akan Anda lakukan.

Misalnya Anda membeli mobil bekas seharga Rp80.000.000,00 dengan beban bunga 7 persen per tahun dan masa kredit mobil selama 2 tahun. Jika Anda membayar uang muka sebesar 25 persen maka Anda harus membayar Rp20.000.000,00. 

Beban bunga yang harus Anda bayarkan 7 persen dalam jangka waktu 2 tahun maka 7 persen x 2 tahun x Rp.60.000.000,00 = Rp8.400.000,00. Total hutang Anda ditambah bunga menjadi Rp68.400.000,00. Jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan Rp68.400.000,00:24 bulan=Rp2.850.000,00.

Itulah tips mendapatkan mobil murah dengan pembayaran kredit. Segala hal yang berhubungan dengan keuangan Anda itu pasti bisa dihemat. Salah satunya adalah dengan membeli mobil bekas dengan kualitas yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar