Rabu, 17 April 2019

Kenali Mitos dan Fakta Cara Mengatasi Bayi Belekan


Sebagai orang tua, tentunya kita harus bisa menjaga kesehatan bayi agar terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti bayi belekan. Kondisi semacam ini sebenarnya tidak perlu menjadi kekhawatiran karena normal terjadi pada bayi. Namun, tetap saja kondisi ini dapat membuat bayi tidak nyaman karena tidak dapat membuka mata. 

Kecemasan Ibu yang Tidak Update Informasi
Perkembangan zaman tentunya memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan berbagai informasi, termasuk mengenai kesehatan bayi. Sebagai seorang ibu, kita juga harus melek teknologi agar bisa memanfaatkannya untuk perkembangan anak yang lebih optimal. 

Mata belekan pada bayi sebenarnya adalah hal yang normal terjadi, tapi bagi ibu yang tidak update informasi mengenai hal ini pasti akan merasa khawatir. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui perkembangan dunia kesehatan, terutama bayi sehingga kita bisa memberikan fasilitas kesehatan yang memadai. 

Ibu yang merasa cemas terhadap kesehatan bayi seringkali melakukan cara penanganan tanpa berpikir panjang. Salah satunya adanya dengan menggunakan ASI. Memang cara ini sering dilakukan oleh masyarakat dahulu untuk mengatasi bayi belekan. Tapi, apakah hal ini diperbolehkan atau tidak?

Mitos Cara Menangani Mata Belekan pada Bayi
Dalam hal ini, dr. Ameetha Drupadi, seorang konselor laktasi menjelaskan tentang penggunaan ASI dalam cara mengatasi mata belekan pada bayi. Hal ini merupakan salah kaprah dan bahkan tidak dibenarkan untuk mengatasi mata belekan dengan menetesi ASI dikarenakan bisa saja ASI tidak higienis dan telah terkontaminasi.

ASI sebenarnya adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi, tapi jika itu diminum. Berbeda lagi jika diteteskan pada mata karena ASI justru terkontaminasi dengan bahan-bahan yang tidak steril sehingga bisa menyebabkan penumpukan kotoran pada mata bayi yang justru memperparah mata belekan.

Selain itu, pada usia bayi biasanya saluran air mata belum bisa berfungsi secara sempurna. Hal inilah yang sering menjadi penyebab mata belekan pada bayi. Apabila Anda meneteskan ASI pada mata bayi dengan saluran air mata yang belum sempurna, justru bisa membuat anak semakin sering mengalami belekan. 

Bayi yang baru lahir, saluran air matanya masih sangat sempit dan rentan akan penyumbatan sehingga banyak kotoran yang dikeluarkan, seperti belekan dan nanah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ini bukanlah infeksi, melainkan belekan yang biasa dialami oleh bayi baru lahir atau berusia 2 minggu.

Seperti yang kita tahu bahwa, ASI memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi, tapi kebiasaan untuk menggunakan ASI sebagai obat belekan hanyalah mitos dan kita harus segera meninggalkannya. Faktor kebersihan menjadi alasan mengapa ASI tidak diperbolehkan diteteskan pada mata bayi, terlebih digunakan sebagai obat belekan.

Cara yang paling tepat mengatasi masalah ini adalah membersihkannya dengan bola kapas yang sudah dicelupkan air hangat. Bersihkan mulai dari sudut mata bagian dalam dan kemudian menuju arah luar. Cara mengatasi bayi belekan lain yang tepat bisa Anda dapatkan dari orami.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar