Sabtu, 06 April 2019

Sablon Dengan Polyflex, Apa Itu?


Sablon biasanya identik dengan proses yang cukup rumit. Dari persiapan desain, cetak, pengeringan dan lain-lain. Namun proses tersebut seolah lenyap dengan munculnya sablon Polyflex, yang menurut sebagian besar pelaku jasa sablon justru lebih memudahkan kerja mereka. 

Kok bisa? Ya itu karena Polyflex atau yang juga disebut heat transfer film, merupakan media sablon yang terbuat dari bahan vinyl yang daya rekatnya kuat serta mudah untuk diterapkan. Proses ini hanya mengenal 3 tahapan, yaitu potong dengan mesin cutting sesuai desain, kelupas bagian yang tidak dipakai, dan tekan menggunakan mesin hot press.

Bahan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sablon biasa yang menawarkan banyak warna pilihan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika dibandingkan nih, hasil sablonnya justru beda jauh lho dengan sablon manual. Karena menggunakan mesin cutting, maka hasil potongnya akan jauh lebih rapi dan akan lebih presisi lagi jika proses penempelannya dilakukan dengan hati-hati.

Rupanya bahan yang masih belum begitu familiar dan masih sedikit digunakan oleh pelaku jasa sablon ini punya beberapa jenis lagi. Penasaran? Baca keterangan di bawah ini, ya!

Polyflex PU
Biasa digunakan di bahan kaos yang tipis dan lentur seperti kaos distro atau clothing line. Varian warnanya cukup banyak dan cenderung lebih cerah.

Polyflex PVC
Jenis ini biasanya diaplikasikan pada jersey bola atau jaket. Berbeda dengan Polyflex PU, tipe yang ini cenderung lebih tebal lembarannya.

Polyflex Flock
Teksturnya beludru yang banyak digunakan untuk pabrik garment atau workshop sablon. Hasil akhirnya terlihat lebih elegan dan berkelas sehingga diyakini akan meningkatkan nilai jual produk.

Polyflex Reflective
Bahan ini cukup spesial, karena dapat memantulkan cahaya jika terkena cahaya. Biasanya lebih disukai oleh orang-orang yang suka beraktivitas di malam hari dan di bawah lampu.

Polyflex Foil
Jenis ini punya karakter mengkilap dan sering digunakan di pabrik garment atau workshop seperti halnya Polyflex Flock.

Polyflex Glitter 
Punya tampilan kerlap-kerlip yang enak dipandang dan juga berefek elegan dan berkelas untuk meningkatkan nilai jual. 

Polyflex Glow in The Dark
Peminatnya biasanya kalangan yang suka beraktvitas dalam ruangan gelap karena akan menyala dengan warna-warna yang khas.

Polyflex Printable
Media ini semacam kanvas untuk mencetak gambar atau desain yang kita miliki. Namun diperlukan alat atau mesin digital printing untuk memproses cetaknya.

Dari kedelapan jenis Polyflex, penggunaannya tergantung pada kebutuhan sablon masing-masing. Namun yang paling banyak digunakan adalah Polyflex PVC dan PU. Dari kisaran biaya yang harus dikeluarkan, harga Polyflex jenis ini cenderung lebih murah dari teman-temannya yang lain. Bahkan rata-rata situs yang ada juga lebih banyak jual Polyflex dari dua jenis ini.

0 komentar:

Posting Komentar