Selasa, 21 Mei 2019

Berbagai Cara Menghitung Kehamilan dengan Tepat?


Ibu yang sedang hamil pertama mungkin banyak yang bingung tentang bagaimana cara mengitung usia kehamilan. Mengetahui usia kehamilan secara tepat sangat berguna untuk memantau dan memastikan tumbuh kembang janin berjalan optimal. Berikut ini adalah beberapa cara menghitung kehamilan yang bisa menjadi pilihan Anda.

Proses Kehamilan
Sebelum mengetahui cara penghitungan usia kehamilan, harus dipahami dulu tentang apa dan bagaimana proses kehamilan. secara singkat kehamilan terjadi saat ada konsepsi atau pembuahan sel telur oleh sperma yang umumnya terjadi pada masa subur atau sekitar pertengahan masa haid. Siklus haid wanita rata-rata 28 hari, dimana hari pertama mengacu pada hari pertama haid.

Berdasarkan penjelasan ini, maka hari pertama kehamilan adalah waktu pertengahan siklus haid. Namun ternyata tidak sesederhana itu, karena masa subur sendiri tidak hanya pada hari ke-14 tapi sekitar hari ke-11 hingga hari ke-21. Ditambah lagi siklus haid yang berlangsung dalam waktu yang relatif tidak dapat menjadi acuan. Lalu bagaimana caranya? Berikut pembahasannya.

Metode Kalender
Menentukan waktu konsepsi memang sangat sulit dilakukan, namun untuk mengatasi hal ini para ahli kandungan menetapkan bahwa hari pertama kelahiran adalah saat hari pertama haid terakhir (HPHT). HPHT yang dimaksud adalah hari dimana Anda pertama kali keluar darah haid pada siklus menstruasi terakhir kali.

Meskipun metode ini memiliki akurasi yang rendah, namun hingga saat ini masih digunakan sebagai acuan umum penentuan usia kehamilan. Metode ini juga sangat mudah dan bisa Anda hitung sendiri di rumah. Penentuan hari perkiraan lahir (HPL) juga ditentukan berdasarkan HPHT.

Menghitung HPL tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengetahui HTHP kemudian tanggalnya Anda tambahkan 7, bulannya dikurangi 3 dan tahunnya Anda tambahkan 1. Misal HPHT Anda tanggal 17 juli 2019, maka (17+7), (6-3), (2019+1) = 24, 3, 2020. Jadi, HPL Anda adalah 24 Maret 2020. 

Metode USG
Bagi Anda yang tidak tahu kapan HPHT Anda, tidak perlu khawatir. Pemeriksaan USG merupakan salah satu cara menghitung kehamilan tanpa mengacu pada HPHT. Usia kehamilan akan ditentukan oleh dokter dengan menggunakan bantuan alat USG.

Ada 3 fator yang menjadi acuan dalam menentukan usia kehamilan dengan USG. Faktor yang pertama ada diameter kantung janin (gestational sac) pada usia kehamilan sekitar 6-12 minggu. Kedua mengukur jarak kepala-bokong janin (grown rump length) pada usia kehamilan 7-14 minggu dan yang terakhir mengukur diameter kepala janin pada usia kehamilan 12 minggu.

Berdasarkan pengukuran tersebut dokter dapat memastikan usia kehamilan Anda dengan akurat. Meskipun Anda mengetahui HPHT, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan USG juga agar usia kehamilan Anda dapat diketahui lebih tepat lagi. USG sendiri sebaiknya dilakukan pada saat usia kehamilan berkisar antara 8 sampai 18 minggu kehamilan.

Itulah beberapa cara menghitung kehamilan yang bisa Anda jadikan referensi. semoga informasi ini bermanfaat dan proses kehamilan Anda berjalan lancar hingga hari persalinan. Artikel dengan pembahasan serupa dan informasi seputar parenting dapat Anda lihat di Orami Magazine dengan mengunjungi laman orami.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar