Rabu, 16 Oktober 2019

Beberapa Ciri Dan Gejala Diabetes Melitus Yang Harus Diwaspadai


Indonesia sendiri berada di peringkat ke-7 dari negara dengan penderita diabetes tertinggi di dunia. Diabetes mellitus pada umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dam pola konsumsi tanpa memperhatikan gizi. Mari mendalami penyebab diabetes dan gejala diabetes yang harus diwaspadai. Sebelum kita membahas mengenai gejala-gejala penyakit diabetes, ada baiknya untuk mengetahuoi apa saja sih yang menyebabkan seseorang bisa menderita penyakit gula ini. dibawah ini akan ada penjelasan mengenai penyebab diabetes mellitus juga gejala diabetes mellitus satu dan juga gejala diabetes melitus tipe 2 yang berbeda.

Penyebab Diabetes Melitus 

Faktor penyebab diabetes mellitus dikeleompokan menjadi 2 kategori yaitu faktor gaya hidup tidak sehat dan juga faktor bawaan.

1. Faktor Gaya Hidup

Faktor gaya hidup bisa anda kontrol sendiri, ada beberapa hal yang bisa anda komntrol sendiri. 

Terlalu Sering Makan Manis
Kadar gula darah terlalu tinggi akibat mengkonsumsi makanan manis dipastikan menjadi penyebab diabetes tertinggi di Indonesia. Untuk itu, sebisa mungkin jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

Makan Berlebihan 
Makan berlelebiha yang meningkatkan tubuh anda dal dikaitakan dengan penyebab obesitas dikarenakan kadar gula darah yang berlebihan, Makan lah secukupnya dan tepat waktu, juga kurang porsi makan malam.

Jarang beraktivitas fisik
Malas berolahraga menyebabkan penumpukan karbohidrat yang diubah menjadi kadar gula dalam darah, para ilmuwan menyarankan utnyk beeolahraga tiga kali selama seminggu engan durasi 30 menit.

2. Faktor bawaan

Faktor bawaan adalah penyebab diabetes yang tidak dapat dihindari karena kondisis fisik dari lahir atau pengaruh usia.

Penurunan Fungsi Organ 
Organ tubuh akan menurun efektivitas fungsinya kaena penuaan, sehingga orang tua memang mudah terserang diabetes. Salah satu organ yang penurunana fungsinya dapat memicu diabetes. Salah satu organ yang penurunan fungsinya dapat memicu diabetes adalah pancreas. Organ pancreas berfungsi memproduksi insulin sehingga gada gula darah seimbang.

Diabetes Keturunan 
Resiko seseorang terserang diabetes akan meningkat apabila anggota keluarga memiliki riwayat mengidap penyakit ini. Namun, jika orang tuamu tidak mengidap penyakit ini, bukan tidak mungkin anda terpapar penyakit ini dari gaya hidup tidak sehat.

Berat Badan Saat Bayi
Bayi yang lahir dengan barta badan yang tidak normal seperti kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan punya resiko terserang diabetes pada saat beranjak dewasa nantinya.

Gejala Diabaetes Melitus Tipe 2

Gejala diabetes mellitus 2 ini hampir sama dengan diabetes mellitus tipe. seperti sering buang air kecil, haus berlebihan, dan sering merasa lelah namun ada perbedaan yang signifikan dari gejala diabetes mellitus tipe 2.

Sering Infeksi Pada Luka 
Hampir sama seperti diabetes mellitus tipe 1, pada tipe 2 penderita akan sering mengalami infeksi pada luka. Untuk itu, jihga terdiagnosisi penyakit ini, ada baiknya melindungi bagian tubuh yang rentan lecet.

Masa Otot Berkurang 
Jika anda menderita penyakit diabetes mellitus tipe 2, massa otot dalam tubuh akan berkurang, sehingga Anda akan merasa lemas dalam beraktivitas. Selain itu, berat badan juga akan turun secara tiba-tiba.

Penglihatan Tidak Fokus 
Penderita diabetes tipe 2 akan mengalamai penglihataan yang kurnag baik dibandingkan dengan biasanya. Pandangan akan sulit fokus atau kabur.

Sering buang aik kecil saat malam
Penderita diabetes tipe 2 akan sering bauang air kecil. intensitas buang air kecil kan meningkat di malam hari.

0 komentar:

Posting Komentar