Sabtu, 27 April 2019

Deteksi dan Penanganan Kanker Serviks Stadium Awal


Kanker serviks stadium awal bisa disembuhkan. Kuncinya dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat.

Kanker serviks adalah momok yang menakutkan bagi wanita. Akan tetapi, kanker serviks bisa sembuh jika mendapat perhatian lebih. Deteksi dini dan penanganan yang tepat saat kanker serviks masih stadium awal menjadi kunci.

Deteksi dini kanker serviks
Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, sebenarnya, wanita bisa mulai melakukan deteksi dini kanker serviks sejak usia 21 tahun. Ini dilakukan melalui pemeriksaan pap smear dan tes HPV. Kedua metode ini bisa melihat adanya kelainan pada serviks dan juga kanker serviks bisa diketahui sejak awal.

Bila kelainan pada serviks tersebut diduga oleh dokter sebagai kanker, maka dokter akan melakukan evaluasi lebih lanjut. Evaluasi ini untuk menentukan besarnya kanker dan sejauh mana penyebarannya.

Proses ini disebut dengan “staging”. Tujuannya untuk menentukan stadium kanker. Selanjutnya, tingkat stadium kanker akan memengaruhi jenis pengobatan yang perlu dijalani.

Penentuan stadium kanker serviks sendiri mengikuti pedoman dari International Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO). Dalam pedoman ini, stadium kanker serviks dibagi menjadi stadium 1 sampai 4. Semakin tinggi stadiumnya, maka diameter kanker semakin besar dan penyebarannya semakin luas.

Penanganan kanker serviks stadium awal
Pada tahap awal atau stadium 1, kanker masih terbatas pada serviks dan belum menyebar ke jaringan atau organ lain di dekatnya. Stadium ini dibagi menjadi stadium 1A (seal kanker masih kecil) dan 1B (sudah meluas tapi terbatas pada jaringan serviks).

Untuk stadium 1B ini terdiri dari stadium 1B1, di mana diameter kanker tidak lebih besar dari 4 cm, dan stadium 1B2 di mana diameter kanker lebih besar dari 4 cm. Agar kondisinya tidak semakin buruk, kanker serviks stadium 1 harus segera ditangani.

Cara penanganan kanker serviks stadium awal:

Pembedahan
Menurut dr. Fiona, pada kanker serviks stadium 1, pembedahan umumnya dilakukan dengan mengangkat serviks dan rahim (histerektomi). Meski demikian, pada sebagian kasus kanker serviks yang sangat dini (stadium 1A1), hanya diperlukan pengangkatan area serviks yang terdampak kanker.

Prosedur ini dikenal dengan nama biopsi kerucut (cone biopsy) atau large loop excision of the transformation zone (LLETZ). Dengan cara ini, wanita masih bisa hamil dan melahirkan.

Kemoradiasi
Kemoradiasi lebih ditujukan untuk kanker serviks stadium 1B. Selama 5 minggu berturut-turut, pasien akan menjalani radioterapi eksterna —sumber radiasi berada di luar tubuh—sebanyak 5 hari setiap minggunya. Dan, di akhir terapi, diberikan booster radioterapi interna (brakiterapi) dengan sumber radiasi didekatkan ke serviks.

Seiring dilakukannya radioterapi, pasien kemudian diberikan kemoterapi 1 kali seminggu atau satu kali setiap 2-3 minggu, tergantung jenis obat yang digunakan.

Jika dideteksi lebih dini dan mendapatkan penanganan yang tepat, kanker serviks stadium awal bisa sembuh. Maka dari itu, lakukanlah deteksi sejak dini supaya kanker serviks tidak semakin parah.

Rabu, 17 April 2019

Kenali Mitos dan Fakta Cara Mengatasi Bayi Belekan


Sebagai orang tua, tentunya kita harus bisa menjaga kesehatan bayi agar terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti bayi belekan. Kondisi semacam ini sebenarnya tidak perlu menjadi kekhawatiran karena normal terjadi pada bayi. Namun, tetap saja kondisi ini dapat membuat bayi tidak nyaman karena tidak dapat membuka mata. 

Kecemasan Ibu yang Tidak Update Informasi
Perkembangan zaman tentunya memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan berbagai informasi, termasuk mengenai kesehatan bayi. Sebagai seorang ibu, kita juga harus melek teknologi agar bisa memanfaatkannya untuk perkembangan anak yang lebih optimal. 

Mata belekan pada bayi sebenarnya adalah hal yang normal terjadi, tapi bagi ibu yang tidak update informasi mengenai hal ini pasti akan merasa khawatir. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui perkembangan dunia kesehatan, terutama bayi sehingga kita bisa memberikan fasilitas kesehatan yang memadai. 

Ibu yang merasa cemas terhadap kesehatan bayi seringkali melakukan cara penanganan tanpa berpikir panjang. Salah satunya adanya dengan menggunakan ASI. Memang cara ini sering dilakukan oleh masyarakat dahulu untuk mengatasi bayi belekan. Tapi, apakah hal ini diperbolehkan atau tidak?

Mitos Cara Menangani Mata Belekan pada Bayi
Dalam hal ini, dr. Ameetha Drupadi, seorang konselor laktasi menjelaskan tentang penggunaan ASI dalam cara mengatasi mata belekan pada bayi. Hal ini merupakan salah kaprah dan bahkan tidak dibenarkan untuk mengatasi mata belekan dengan menetesi ASI dikarenakan bisa saja ASI tidak higienis dan telah terkontaminasi.

ASI sebenarnya adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi, tapi jika itu diminum. Berbeda lagi jika diteteskan pada mata karena ASI justru terkontaminasi dengan bahan-bahan yang tidak steril sehingga bisa menyebabkan penumpukan kotoran pada mata bayi yang justru memperparah mata belekan.

Selain itu, pada usia bayi biasanya saluran air mata belum bisa berfungsi secara sempurna. Hal inilah yang sering menjadi penyebab mata belekan pada bayi. Apabila Anda meneteskan ASI pada mata bayi dengan saluran air mata yang belum sempurna, justru bisa membuat anak semakin sering mengalami belekan. 

Bayi yang baru lahir, saluran air matanya masih sangat sempit dan rentan akan penyumbatan sehingga banyak kotoran yang dikeluarkan, seperti belekan dan nanah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ini bukanlah infeksi, melainkan belekan yang biasa dialami oleh bayi baru lahir atau berusia 2 minggu.

Seperti yang kita tahu bahwa, ASI memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi, tapi kebiasaan untuk menggunakan ASI sebagai obat belekan hanyalah mitos dan kita harus segera meninggalkannya. Faktor kebersihan menjadi alasan mengapa ASI tidak diperbolehkan diteteskan pada mata bayi, terlebih digunakan sebagai obat belekan.

Cara yang paling tepat mengatasi masalah ini adalah membersihkannya dengan bola kapas yang sudah dicelupkan air hangat. Bersihkan mulai dari sudut mata bagian dalam dan kemudian menuju arah luar. Cara mengatasi bayi belekan lain yang tepat bisa Anda dapatkan dari orami.co.id.

Sabtu, 06 April 2019

Sablon Dengan Polyflex, Apa Itu?


Sablon biasanya identik dengan proses yang cukup rumit. Dari persiapan desain, cetak, pengeringan dan lain-lain. Namun proses tersebut seolah lenyap dengan munculnya sablon Polyflex, yang menurut sebagian besar pelaku jasa sablon justru lebih memudahkan kerja mereka. 

Kok bisa? Ya itu karena Polyflex atau yang juga disebut heat transfer film, merupakan media sablon yang terbuat dari bahan vinyl yang daya rekatnya kuat serta mudah untuk diterapkan. Proses ini hanya mengenal 3 tahapan, yaitu potong dengan mesin cutting sesuai desain, kelupas bagian yang tidak dipakai, dan tekan menggunakan mesin hot press.

Bahan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sablon biasa yang menawarkan banyak warna pilihan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika dibandingkan nih, hasil sablonnya justru beda jauh lho dengan sablon manual. Karena menggunakan mesin cutting, maka hasil potongnya akan jauh lebih rapi dan akan lebih presisi lagi jika proses penempelannya dilakukan dengan hati-hati.

Rupanya bahan yang masih belum begitu familiar dan masih sedikit digunakan oleh pelaku jasa sablon ini punya beberapa jenis lagi. Penasaran? Baca keterangan di bawah ini, ya!

Polyflex PU
Biasa digunakan di bahan kaos yang tipis dan lentur seperti kaos distro atau clothing line. Varian warnanya cukup banyak dan cenderung lebih cerah.

Polyflex PVC
Jenis ini biasanya diaplikasikan pada jersey bola atau jaket. Berbeda dengan Polyflex PU, tipe yang ini cenderung lebih tebal lembarannya.

Polyflex Flock
Teksturnya beludru yang banyak digunakan untuk pabrik garment atau workshop sablon. Hasil akhirnya terlihat lebih elegan dan berkelas sehingga diyakini akan meningkatkan nilai jual produk.

Polyflex Reflective
Bahan ini cukup spesial, karena dapat memantulkan cahaya jika terkena cahaya. Biasanya lebih disukai oleh orang-orang yang suka beraktivitas di malam hari dan di bawah lampu.

Polyflex Foil
Jenis ini punya karakter mengkilap dan sering digunakan di pabrik garment atau workshop seperti halnya Polyflex Flock.

Polyflex Glitter 
Punya tampilan kerlap-kerlip yang enak dipandang dan juga berefek elegan dan berkelas untuk meningkatkan nilai jual. 

Polyflex Glow in The Dark
Peminatnya biasanya kalangan yang suka beraktvitas dalam ruangan gelap karena akan menyala dengan warna-warna yang khas.

Polyflex Printable
Media ini semacam kanvas untuk mencetak gambar atau desain yang kita miliki. Namun diperlukan alat atau mesin digital printing untuk memproses cetaknya.

Dari kedelapan jenis Polyflex, penggunaannya tergantung pada kebutuhan sablon masing-masing. Namun yang paling banyak digunakan adalah Polyflex PVC dan PU. Dari kisaran biaya yang harus dikeluarkan, harga Polyflex jenis ini cenderung lebih murah dari teman-temannya yang lain. Bahkan rata-rata situs yang ada juga lebih banyak jual Polyflex dari dua jenis ini.

Selasa, 02 April 2019

Cantik dan Sehat ala Berfaedah.com dengan Manfaat Buah Naga


Buah naga adalah buah dari jenis kaktus dengan marga hylocereus yang ternyata sangat bermanfaat. Tak hanya untuk kesehatan saja, buah naga juga memiliki kandungan yang baik untuk kecantikan wajah Anda. Tak percaya? Anda bisa melihat infonya di Berfaedah.com saja. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah naga itu adalah sebagai berikut!

1. Mencegah Kanker
Buah naga ternyata bisa digunakan untuk mencegah kanker. Itu dikarenakan buah naga mengandung banyak lycopene yang terbukti mampu mengurangi risiko kanker prostat. Selain itu, buah naga juga mengandung banyak antioksidan hytoalbumin yang bisa mencegah terjadinya karsinogenetik atau zat yang menyebabkan kanker di dalam tubuh.

Selain itu, buah naga juga mengandung banyak sert dan fosfor serta kalsium dan vitamin C dan vitamin B2. Semua kandungan tersebut dipercaya mampu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang merupakan salah satu penyebab timbulnya sel kanker.

2. Membantu Meredakan Batuk dan Asma
Selain mencegah terjadinya kanker, mengonsumsi buah naga secara teratur ternyata juga bisa membantu meredakan batuk dan asma. Itu dikarenakan buah naga mengandung vitamin B3 dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin B3 inilah yang memiliki peran untuk meredakan asma dan batuk yang membandel.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Imun Tubuh
Tak hanya sampai di situ saja, buah naga ternyata juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, lo! Itu dikarenakan kandungan vitamin B1, B2 dan B3 yang ada di dalamnya. Itu belum termasuk kandungan zat besi, fosfor, niasin dan serat yang juga memiliki peranan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi buah naga baik dalam bentuk jus ataupun bentuk langsung, bisa mempercepat proses penyembuhan luka baik luka dalam dan luka luar tubuh. Selain itu, tentunya Anda juga bisa lebih sehat.

4.  Mampu Mencegah Penuaan Dini
Siapa yang selalu ingin terlihat muda? Dari info Berfaedah.com, Anda bisa kok mendapatkannya dengan cara konsumsi buah naga secara teratur. Buah naga mengandung banyak zat baik yang bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

5. Mengobati Jerawat
Bukan hanya jadi penangkal radikal bebas. Anda juga bisa mengonsumsi buah naga secara teratur setiap hari untuk mengobati masalah jerawat di wajah. Itu dikarenakan kandungan vitamin C yang berlimpah di dalam buah yang satu ini. Anda bisa membuat buah naga menjadi masker dan digunakan secara teratur untuk mengatasi jerawat.

6. Melembabkan Kulit
Selain itu, buah naga ternyata juga bisa melembapkan kulit Anda. Mereka yang memiliki masalah kulit kering sangat disarankan untuk mengonsumsinya. Buah naga mengandung air dalam jumlah yang cukup tinggi dibandingkan buah lainnya. Dengan begitu, kulit Anda bisa terhidrasi dan bebas dari masalah kekeringan.

7. Menyehatkan Rambut
Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan wajah dan kulit saja, buah naga juga bisa digunakan untuk menyehatkan rambut Anda. Itu dikarenakan buah naga mengandung enzim khusus yang mampu mempersehat rambut dengan konsumsi setiap hari. Anda bisa memakai buah naga untuk masker rambut dan lakukan seminggu sekali untuk beri asupan nutrisi rambut.

Nah, ternyata buah naga yang selama ini Anda konsumsi banyak sekali manfaatnya, kan? Tak hanya manfaat di atas saja, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan konsumsi buah naga secara teratur. Anda mau info lebih banyak soal kesehatan dan kecantikan? Yuk, kunjungi saja Berfaedah.com untuk info lebih lanjutnya!

Kamis, 07 Maret 2019

Tips Membeli Mobil Murah dengan Pembayaran Kredit


Mobil murah bukan berarti mobil yang tidak memiliki kualitas. Saat ini mobil bisa Anda dapatkan dengan banyaknya jenis pilihan kredit yang bisa diambil. Sebelum membeli mobil dengan pembayaran kredit Anda harus melakukan perhitungan yang cermat. Berikut tips membeli mobil dengan pembayaran kredit untuk Anda.

Mobil Murah Bekas atau Baru
Walaupun dikatakan mobil murah, harganya bukan berarti bisa Anda bayarkan dalam sekali gaji bulanan Anda. Apalagi jika Anda berstatus karyawan menengah. Kategori mobil murah tentu saja harganya masih berkisar pada puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. 

Sebelum Anda membeli mobil, Anda harus telah memikirkan jenis mobil apa yang akan Anda beli. Apakah Anda akan membeli mobil bekas atau mobil baru dengan harga terjangkau dan tentunya tidak termasuk ke dalam kategori mobil mewah.

Jika Anda memilih untuk membeli bekas, pastikan nilai atau harga pasaran dari mobil tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda tidak membeli mobil dengan harga yang terlalu tinggi. Anda juga harus mengecek kondisi terakhir mobil tersebut.

Namun jika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru, maka Anda perlu mengetahui kebutuhan dan jenis mobil yang sesuai dengan keuangan Anda. Saat ini banyak mobil baru yang ada di pasaran dengan harga terjangkau dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Uang Muka
Selanjutanya adalah uang muka. Hal tersebut berlaku jika Anda membeli mobil baik mobil baru maupun bekas secara kredit melalui leasing. Anda perlu memastikan bahwa dana yang Anda miliki cukup untuk membayar uang muka. 

Jumlah uang muka yang Anda bayarkan nantinya akan berpengaruh kepada cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Ketentuan pembayaran uang muka adalah sebesar 25 persen. Namun, alangkah lebih baik jika Anda membayarkan uang muka lebih besar dari ketentuan tersebut. Tujuannya agar nilai hutang kredit yang Anda miliki semakin kecil.

Utang kredit nantinya akan berbanding lurus dengan jumlah cicilan yang Anda bayarkan. Jika utang kredit Anda kecil, maka jumlah cicilan bulanan yang Anda bayarkan juga kecil sehingga bunga cicilan yang harus Anda bayarkan juga kecil.

Nego Diskon
Ada banyak dealer yang menawarkan potongan harga pembelian dan Anda bisa memilih salah satu yang terbaik. Tidak perlu terburu-buru untuk menentukan pilihan. Anda bisa melakukan perbandingan beberapa dealer sebelum memutuskan memilih penawaran terbaik dan menguntungkan untuk mendapatkan mobil murah.

Lakukan Survei
Lakukan survei ke sejumlah dealer yang terpercaya dan memiliki kredibilitas baik. Jika Anda tidak terlalu mengetahui masalah mobil, Anda bisa mengaja teman atau saudara Anda yang memiliki pemahaman mengenai mobil. 

Pihak dealer biasanya akan memberikan referensi mengenaii leasing yang bisa Anda gunakan sebagai lembaga pembiayaan kredit. Anda juga bisa melakukan survei ke sejumlah leasing agar dapat menemukan layanan dan penawaran terbaik.

Lakukan Simulasi 
Ketika Anda sudah mendapatkan informasi dari dealer dan leasing, sebelum Anda mengambil keputusan Anda bisa melakukan simulasi kredit. Simulasi tersebut akan membantu Anda dalam menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan membayar Anda terhadap pembelian mobil yang akan Anda lakukan.

Misalnya Anda membeli mobil bekas seharga Rp80.000.000,00 dengan beban bunga 7 persen per tahun dan masa kredit mobil selama 2 tahun. Jika Anda membayar uang muka sebesar 25 persen maka Anda harus membayar Rp20.000.000,00. 

Beban bunga yang harus Anda bayarkan 7 persen dalam jangka waktu 2 tahun maka 7 persen x 2 tahun x Rp.60.000.000,00 = Rp8.400.000,00. Total hutang Anda ditambah bunga menjadi Rp68.400.000,00. Jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan Rp68.400.000,00:24 bulan=Rp2.850.000,00.

Itulah tips mendapatkan mobil murah dengan pembayaran kredit. Segala hal yang berhubungan dengan keuangan Anda itu pasti bisa dihemat. Salah satunya adalah dengan membeli mobil bekas dengan kualitas yang baik.